Site Links

Senin, 08 Mei 2023

Filled Under:

Ini Dia Konsep Desain Rumah sederhana Type Kecil Dengan Mempertimbangkan Kenyamanan Ruang




Rumah Sederhana- Kenyamanan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dalam desain rumah, karena kenyamanan ruang akan mempengaruhi betah tidaknya penghuni dalam beraktivitas. 


Bagi kalian yang mempunyai Rumah sederhana  tipe kecil ≤ 36 m2.kenyamanan penghuni menjadi hal nomor satu yang harus diperhatikan. Kenyamanan bagi penghuni rumah sederhana dapat dicapai antara lain dengan pencahayaan, penghawaan dan ruang gerak yang cukup untuk beraktivitas.


Pencahayaan dan penghawaan yang baik dapat disesuaikan dengan ukuran dan fungsi ruang.Ruang gerak yang cukup dapat diwujudkan dengan menata perabot dan sirkulasi yang baik.Cahaya matahari dan udara alami yang masuk merata ke dalam rumah akan memberikan efek positif bagi penghuninya. Karena cahaya matahari akan memberikan kenyamanan secara fisik dan psikologis.

 

Desain rumah sederhana yang efisien dapat menciptakan ruang yang nyaman dan fungsional meskipun memiliki ukuran yang kecil. Beberapa konsep desain yang dapat dipertimbangkan untuk menciptakan kenyamanan ruang dalam rumah sederhana tipe kecil antara lain:


  • Memaksimalkan penggunaan ruang: 


Dalam merancang rumah sederhana, pastikan untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia. Gunakan konsep open-plan untuk menggabungkan beberapa fungsi ruangan, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur dalam satu area.


  • Memilih warna-warna yang cerah: 


Warna-warna cerah seperti putih, beige, atau warna pastel dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih luas dan nyaman. Warna-warna cerah juga dapat memantulkan cahaya alami sehingga ruangan terlihat lebih terang dan segar.


  • Mengoptimalkan pencahayaan alami: 


Manfaatkan pencahayaan alami sebanyak mungkin dengan membuat jendela yang besar dan strategis. Jendela besar dapat membantu cahaya alami masuk ke dalam ruangan dan memberikan tampilan yang segar dan alami.


  • Menggunakan perabotan multifungsi: 


Perabotan yang multifungsi seperti meja yang dapat dilipat atau tempat tidur yang bisa disimpan dapat membantu menghemat ruang. Dengan memilih perabotan yang fleksibel dan multifungsi, Anda dapat menciptakan ruang yang lebih teratur dan nyaman.


Baca Juga : Konsep Rumah Sederhana Sekaligus Menjadi Tempat Usaha


  • Menambahkan elemen dekorasi yang simpel: 


Tambahkan beberapa elemen dekorasi seperti karpet, tirai, atau lampu yang dapat meningkatkan kenyamanan ruangan. Namun, pastikan untuk memilih elemen dekorasi yang sederhana dan tidak terlalu banyak, agar ruangan tidak terlihat penuh dan sempit.


  • Mempertimbangkan ventilasi: 


Memiliki ventilasi yang baik dapat membantu meningkatkan kenyamanan ruangan, terutama pada daerah yang cukup panas. Pastikan untuk memiliki ventilasi yang cukup seperti jendela, exhaust fan, atau AC.


Dengan memperhatikan konsep desain yang tepat, rumah sederhana tipe kecil dapat terasa nyaman dan fungsional meskipun memiliki ukuran yang kecil.


Baca Juga : Konsep Rumah Sederhana Yang Sehat Yang Merajut Pada Arsitektur Tradisional Yang Kaya Dengan Nilai-Nilai Lokal


0 komentar:

Posting Komentar