Site Links

Rabu, 10 Mei 2023

Filled Under:

Ini Dia Tips Membuat Rumah Sederhana Split Level Minimalis Dan Cantik

 



Rumah Sederhana- Salah satu cara mengakali ruang terbatas pada rumah sederhana adalah dengan menggunakan desain split level. Dengan desain rumah split level, kamu bisa menambahkan ruang di rumah tanpa perlu memperluas lahan.


Sempitnya lahan, kini bukan lagi menjadi alasan untuk tidak bisa menciptakan ruang yang besar di rumah. Ada banyak cara mengakali agar rumah yang semula sempit bisa menjadi luas  jika tidak bisa menambah luas lahan, tentu kita harus mengoptimalkan lahan yang ada untuk membuat ruang tambahan.


Nah, dalam ilmu arsitektur, sebuah teknik untuk mengoptimalkan lahan terbatas yang dikenal dengan nama desain split level.

Dengan desain hunian split level, kamu akan lebih leluasa dalam menata ruang karena ada ruang tambahan.


Lalu, apa itu desain rumah split level?


Pada prinsipnya, desain rumah split level atau dikenal juga dengan konsep rumah 1,5 lantai adalah desain hunian dengan perbedaan tingkat ketinggian.

Biasanya ketinggian tingkat split level adalah setengah dari ketinggian lantai pada umumnya.

Semisal, tinggi dari lantai dasar ke atap adalah empat meter, maka tinggi split level hanya sekira dua meter.

Desain hunian seperti ini mulai populer sejak tahun 1970-an di Amerika Serikat seiring dengan booming-nya sitkom The Brady Bunch.

Saat melihat sitkom itu, banyak orang melihat bahwa hunian split level sangat ideal untuk keluarga yang memiliki banyak anggota tetapi tinggal di dalam lahan terbatas.


Baca juga : hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membangu rumah dilahan yang sempit


Berikut adalah beberapa tips untuk membuat rumah sederhana split level minimalis yang cantik:


  • Pilih desain yang sesuai: Pilih desain rumah split level yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah desain yang minimalis namun tetap elegan. Perhatikan faktor fungsionalitas dan kepraktisan dalam desain rumah Anda.


  • Perhatikan pencahayaan: Pilihlah desain yang memaksimalkan cahaya alami sehingga membuat ruangan menjadi terang dan nyaman. Anda juga bisa menambahkan lampu-lampu di titik-titik strategis pada rumah Anda.


  • Gunakan warna netral: Pilih warna netral seperti putih, abu-abu atau beige sebagai dasar pada dinding dan lantai rumah Anda. Warna-warna netral akan memberikan kesan minimalis dan elegan pada rumah Anda.


  • Pilih furnitur yang simpel: Pilih furnitur yang simpel dan fungsional. Hindari furnitur yang terlalu banyak detail dan berukuran besar agar tidak mengganggu ruang dan tampilan rumah Anda.


  • Buatlah taman yang indah: Buatlah taman yang cantik dan rapi dengan menanam tanaman yang sesuai dengan iklim dan lokasi rumah Anda. Tanaman-tanaman yang hijau akan memberikan kesan sejuk dan menyegarkan pada rumah Anda

.

  • Fokus pada detail kecil: Tambahkan detail kecil seperti aksen dekoratif pada bagian eksterior dan interior rumah. Hal ini akan memberikan sentuhan cantik pada rumah Anda.


  • Pertimbangkan anggaran: Sebelum memulai proyek pembangunan rumah split level, pertimbangkan anggaran yang tersedia agar Anda bisa membuat keputusan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.


Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat membuat rumah sederhana split level minimalis yang cantik dan fungsional. Namun, pastikan tetap mempertimbangkan faktor fungsionalitas dan kepraktisan agar rumah Anda nyaman dan fungsional.


Baca Juga : ini dia bentuk dan wujud rumah sederhana untuk masyarakat berpendapatan dibawah UMR


0 komentar:

Posting Komentar