Site Links

Selasa, 09 Mei 2023

Filled Under:

Ini Dia Konsep OutDor Taman Rumah Sederhana Dengan Biaya Minim

 



Rumah Sederhana-  Memiliki hunian dengan lahan terbatas bukan alasan untuk tidak memiliki taman. Anda tetap bisa mewujudkannya dengan membuat taman. Baik itu di dalam rumah atau di luar. 


Karakter utama taman outdor  adalah simple dan elegan. Ciri khas lainnya terdapat unsur batu dan pasir, di antara rimbunnya aneka tanaman.

Taman outdor juga diperuntukkan untuk  yang suka dengan tanaman, menanam bungan atau tumbahan yang lainya  dalam proses perawatannya. Taman outodr , juga didominasi unsur bebatuan, mencegah adanya cipratan air bercampur dengan tanah.


Ingin tahu bagaimana persisnya taman kering indoor dan outdoor, bisa kalian hadirkan jadi bagian yang mampu menyejukkan suasana rumah? Langsung aja disimak di artikel ini, yuk!


Pengertian Taman OutDor 

Taman outdor adalah taman yang dirancang untuk menghasilkan suasana alam di dalam dan di luar rumah. Konsep taman outdor  mengacu pada taman zen Jepang. Yaitu minimalis, sehingga memungkinkan untuk diaplikasikan di lahan sempit.

Selain tentu adanya unsur tanaman, taman kering juga didominasi batu kerikil, pasir, batu koral, dan sebagainya untuk menutupi bagian tanah. Tujuannya agar jika disiram, tanah yang terkena air tidak menimbulkan cipratan kotor.

Selain taman basah, Anda bisa mencoba taman kering sebagai lahan hijau di rumah Anda. Bagaimana jika Anda memiliki luas rumah yang kecil? Tak masalah, sebab taman kering bisa dilakukan indoor maupun outdoor.



Berikut adalah beberapa konsep outdoor untuk halaman rumah sederhana dengan biaya minim:


  • Tanamkan Tanaman Hijau


Tanamkan beberapa tanaman hijau di halaman rumah Anda. Pilih jenis tanaman yang mudah dirawat, seperti tanaman hias daun atau bunga-bungaan yang tahan cuaca. Anda juga bisa membuat taman mini dengan bantuan pot atau keranjang bekas yang diisi dengan tanaman.


  • Buat Gazebo Sederhana


Gazebo sederhana bisa dibuat dengan bahan-bahan yang murah, seperti bambu atau kayu. Gunakan atap dari jerami atau daun kelapa untuk menciptakan kesan alami. Gazebo dapat menjadi tempat santai bersama keluarga atau juga bisa dijadikan tempat untuk menerima tamu.



Baca juga : Konsep Rumah Sederhana Sehat Yang Merajut Pada arsitektur tradisional yang kaya dengan nilai lokal


  • Buat Jalan Setapak


Buat jalan setapak dari batu bata atau batu kali untuk menghubungkan berbagai area di halaman rumah. Ini tidak hanya akan membuat halaman rumah terlihat lebih indah, tetapi juga akan memudahkan akses ke area lain di halaman.


  • Area BBQ


Buat area BBQ dengan membangun dapur luar yang sederhana. Anda bisa menggunakan batu bata atau beton untuk membuat meja dan tempat memasak. Area BBQ akan menjadi tempat yang ideal untuk mengadakan pesta dan berkumpul bersama keluarga.


Baca Juga : Rumah Sederhana Low Budget Dengan Mezzanine



  • Tambahkan Meja dan Kursi


Tambahkan meja dan kursi di halaman rumah Anda. Anda bisa menggunakan bahan bekas seperti drum atau palet kayu untuk membuat meja dan kursi yang unik. Tempat duduk di halaman rumah akan menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai dan menikmati suasana outdoor.





  • Buat Area Bermain Anak


Jika Anda memiliki anak-anak, buat area bermain yang aman dan menyenangkan di halaman rumah Anda. Anda bisa membuat ayunan, perosotan, atau rumah pohon sederhana dengan bahan-bahan murah seperti kayu bekas atau pipa PVC.



Dengan konsep-konsep di atas, Anda dapat menciptakan halaman rumah sederhana yang menawan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Selain itu, halaman rumah yang indah juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan memberikan suasana yang menyenangkan bagi keluarga Anda.


Baca Juga : Perancangan Desain Rumah Sederhana Dengan Teknlogi 3D


0 komentar:

Posting Komentar